Friday, October 26, 2012

Idul Adha

Idul adha adalah hari istimewa bagi umat muslim, karena memang berbeda dengan hari-hari lainnya. Idul Adha juga disebut hari raya Qurban karena pada hari lebaran dan tiga hari setelahnya, umat Islam yang mampu melaksankan ibadah kurban hewan seperti kambing, domba, sapi, unta, dan sebagainya. Hewan yang kita korbankan ini akan menjadi kendaraan kita di akhirat kelak.

Hari Raya Idul Qurban adalah bentuk pengajaran kepada umat tentang pentingnya berpasrah diri kepada Allah. Mengikuti semua perintahNya, meskipun kadang demikian berat. Ingatlah, bahwa Hari Raya Idul Adha, digunakan untuk memperingati peristiwa kala Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih putranya sendiri, Ismail. Sebuah perintah yang demikian berat. Ismail, adalah putra yang lama ditunggu-tunggu oleh Ibrahim. Dan siapa yang akan menyangkal kebesaran cinta seorang ayah kepada putranya.

Namun, dengan gagah berani, setelah meminta kemantapan hati sang putra, Ibrahim berniat melaksanakan tugas tersebut. Ibrahim pun lulus ujian. Allah hanya ingin mengetahui seberapa cintanya sang nabi terhadapNya. Ismail pun kemudian diganti dengan sembelihan domba.

Idul Adha, juga berarti berbagi, kita bergotong royong menyembelih hewan kurban, untuk membagi dagingnya kepada semua kalangan, meningkatkan rasa kebersamaan. Maka, tak salah jika menjelang hari mulia ini, kita saling mengirim ucapan selamat Idul Adha 2012.

Demikian sekilas tentang Hari Raya Idul Adha, semoga bermanfaat J and
Z Happy Idul Adha Z
J

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)