Friday, February 20, 2015

Market day 18 Februari 2015

LAPORAN KEGIATAN MARKET DAY
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
18 FEBRUARI 2015

        I.            LATAR BELAKANG
Kegiatan kewirausahaan sekolah merupakan salah satu kegiatan siswa dalam bidang usaha perdagangan ( Entrepreneur ) yang mempunyai beberapa tujuan dan manfaat bagi siswa untuk masa sekarang hingga kelak nanti ke masa depan, mungkin bisa menjadi salah satu option (pilihan) untuk pengembangan usaha agar lebih berkembang baik. Entrepreneurship inilah yang disebut sebagai entrepreneur. Seorang entrepreneur selalu dianjurkan untuk memiliki pola pikir yang diluar kebiasaan orang pada umumnya. Entrepreneur akan lebih sering menggunakan otak kanan untuk menghasilkan kreativitas-kreativitas baru. Berkenaan hal tersebut untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang kewirausahaan (entrepreneur) maka SDIT Ash-Shiddiiqi mengadakan kegiatan Market Day pada tahun pelajaran 2014/2015 ini.

Selain manfaat diatas kami menekankan pada pelajaran pembukuan atau accounting, bagaimana cara mengelola penjualan dan menghitung pemasukan dan pengeluaran barang yang telah disediakan. Semoga kegiatan ini akan berjalan dengan baik dan lancar nantinya serta kami juga mengharapkan saran dan dukungan dari semua pihak untuk kegiatan kewirausahaan sekolah ini.

     II.            MAKSUD DAN TUJUAN
2.1        Maksud
Kegiatan  Market day ini dimaksudkan sebagai upaya menumbuhkan bakat siswa SDIT Ash-Shiddiiqi dalam bidang wirausaha khususnya dilingkungan sekolah. Selain itu, Market day dilakukan sebagai salah satu bagian dari program kegiatan sekolah pada tahun pelajaran 2014/2015 ini.

2.2             Tujuan
                Sebagaimana uraian yang telah disebutkan diatas, kegiatan Market day ini dilaksanakan dengan tujuan :
*             Memberikan pembelajaran sosial yang dapat membentuk karakter warga SDIT Ash-Shiddiiqi yang dapat menumbuhkan bakat dan minat siswa dibidang wirausaha.
*             Memberikan pengalaman kepada siswa secara langsung dalam kegiatan jual beli.
*             Menumbuhkan kemauan siswa untuk berinovasi dalam bidang wirausaha.

   III.            WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan Market day SDIT Ash-Shiddiiqi dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2015 dan biasanya diadakan 1 bulan sekali yang diikuti oleh seluruh siswa SDIT As-Shidiiqi.

   IV.            PELAKSANAAN KEGIATAN
                Kegiatan Market day diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh siswa dan didampingi oleh semua guru, baik guru kelas maupun guru bidang studi. Siswa yang bertugas menjajakan barang dagangannya dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tingkatan kelasnya, pada hari ini yang bertugas menjajakan yaitu kelas 1-3. Barang yang dijajakan pun berbagai jenis, baik berupa makanan, aksesories maupun ATK dengan kisaran harga Rp. 1.000,- s/d Rp. 5.000,-

     V.            PENUTUP
Demikianlah laporan kegiatan market day ini kami buat untuk menginformasikan kepada semua pihak mengenai seluruh kegiatan market day yang telah dilaksanakan oleh SDIT Ash-Shiddiiqi mulai dari awal hingga akhir.
                Semoga kegiatan ini terus berlangsung di tahun – tahun yang akan datang dan Allah SWT memudahkan gerak langkah dan aktivitas kita serta meridhoi kegiatan ini, Aamiin. Atas segala perhatian dan kerjasama dari berbagai pihak kami ucapkan terima kasih.

                                                                                                                                       Jambi, 18 Februari 2015
                                                                                                                                       Kepala Sekolah



                                                                                 Siti Karomah, S.Pd






Lampiran
Dokumentasi



 

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)