Saturday, November 21, 2015

Pintu Pintu Surga

Disurga itu terdapat pintu pintu. Nah sebelum masuk surga, tentu saja para calon penghuninya harus melawati pintu-pintunya lebih dulu. Adapun jumlah pintunya ada delapan, ini sebagaimana diberitahukan Nabi SAW dalam sabdanya : (yang artinya) "Di Surga ada delapan pintu." (HR. Bukhari dan Muslim). Lebar daun pintunya adalah sebagaimana yang dikabarkan Nabi SAW :(artinya) "Demi Allah yang menggenggam jiwaku, sepasang daun pintu surga itu antara satu sisinya dengan sisi lain sejarak antara Mekah dan Himyar, atau Mekah dan Bushra." (HR. Bukhari).

Diriwayatkan pula, bahwa jarak antara dua pintu gerbang surga itu sejauh empat puluh tahun perjalanan. (HR. Muslim).

Ada orang yang dipanggil masuk melalui satu pintu, ada yang dipanggil masuk melalui semua pintu itu, pintu - pintu tersebut adalah :

1. Pintu Orang yang memurnikan Tauhid dan Tawakkal, yaitu orang - orang yang mengesankan Allah dan bertawakkal dengan sebenar-benarnya. Mereka akan masuk melalui pintu surga yang kanan.

2. Pintu Ar-Royyan, yaitu pintu yang diperuntukkan bagi orang yang rajin berpuasa. 

3. Pintu Shalat

4. Pintu Jihad

5. Pintu Sedekah. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang menginfakkan sepasang harta (apa saja) dijalan Allah, ia akan dipanggil dari semua pintu-pintu surga, `Hai hamba Allah, ini baik.` Maka siapa yang ahli shalat, ia akan dipanggil masuk dari pintu shalat, siapa yang berjihad akan dipanggil dari pintu jihad, siapa yang ahli puasa dipanggil dari pintu Ar-Royyan, dan yang ahli bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah." (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Pintu berbakti Orang Tua (Babul Walidain), Rasulullah bersabda (artinya) "Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah. Terserah kamu, hendak kamu terlantarkan ia atau kamu hendak menjaganya." (HR Tirmidzi dan di shahihkan Al-Albani). Maksud pintu surga yang paling tengah adalah pintu yang paling bagus dan paling tinggi. Maknanya, sebaik-baik sarana yang bisa mengantarkan seseorang ke surga dan meraih derajad yang tinggi adalah dengan menaati orang tua dan menjaganya. Wallahu a'lam.

7. La Haula Wa La Quwwata Illa Billah (tiada daya dan upaca kecuali dengan pertolongan Allah) ucapan ini juga menjadi pintu di surga. Qais bin Sa'ad bin Ubadah r.a berkata : Nabi SAW lewat didekatku ketika aku telah selesai shalat. Beliau menyenggolkan kakinya kepadaku seraya bersabda : (artinya) "Maukah kamu aku tunjukkan satu pintu diantara pintu-pintu surga.? Aku menjawab, ya mau, Beliau bersabda, 'La haula wa la quwwata illa billah'." (HR. Ahmad, Tirmidzi dan dishahihkan Al-Albani)

8. Pintu Haji, para ulama berpendapat ada pintu haji, karena ada banyak hadits yang menyebutkanpintu-pintu surga yang didalamnya berkaitan dengan rukun islam, yaitu shalat, zakat dan puasa. Maka, sudah semestinya ada pintu untuk haji.


Sekian :)

Sumber : buku Aku Ingin Masuk Surga
Karangan : Abu Afifah Ar-Raji

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)