Friday, May 18, 2012

Shalat Tahajjud

Shalat tahajjud adalah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu malam, sedikitnya dua raka’at dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktunya sesudah shalat ‘Isya sampai terbit fajar. Shalat diwaktu malam hanya bisa disebut shalat tahajjud dengan syarat apabila dilakukan setelah bangun dari tidur malam, sekalipun tidurnya hanya sebentar. Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat tahajjud, tetapi shalat-shalat sunnah saja seperti witir dan sebagainya.
Kalau sudah diketahui waktu melakukan ibadah ini dari waktu ‘Isya sampai waktu subuh, sedang panjang malam ini ada saat-saat utama, lebih utama dan paling utama, maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi tiga bagian :
Sepertiga Pertama : yaitu kira-kira dari jam 19 sampai dengan jam 22, ini saat utama.
Sepertiga Kedua : yaitu kira-kira dari jam 22 sampai dengan jam 1, ini saat yang lebih utama.
Sepertiga Ketiga : yaitu kira-kira dari jam 1 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini adalah saat yang paling utama.

Niat Shalat Tahajjud
Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’alaa, Allaahu Akbar.

Fadlillahnya / Keistimewaannya :
Shalat tahajjud yakni shalat malam itu sangat dianjurkan, sebagaimana firman Allah sebagai berikut : “Waminallaili fatahajjad bihii naafilatan laka ‘asaa-an yab’ atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaa. Artinya : “Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat tahajjud, sebagai shalat sunnat untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik”. (S. Bani Israil : 79).

Do’a Tahajjud
Do’a - do’a yang dibaca diwaktu melakukan sembahyang tahajjud atau sesudahnya sebaiknya dari ayat-ayat Al-Qur’an atau hadits. Dari Al-Qur’an seperti : “Rabbanaa aatinaa fid dun ya hasanatan wafil aakhirati hasanatan, waqinaa ‘adzaaban naari”. Artinya “Ya Allah tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”.

Setelah membaca do’a perbanyaklah membaca istighfar. Adapun bacaan istighfar yang biasa adalah : “Astaghfirullaahal ‘azhiima wa’atuubu ilaihi”. Artinya “Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepadaNya”.

Setelah selesai membaca do’a, lalu pergilah berbaring kembali tidur, sambil membaca Ayat Kursi, kemudian surat A-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas.

{ Sekian {
J

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)