Friday, May 11, 2012

Tes Gambar

Dalam rangka untuk menggali atau mengetahui kemampuan intelegensi, kondisi ekonomi, relasi dan kemampuan kerja seseorang, psikolog akan menggunakan berbagai alat ukur. salah satu alat ukur yang lazim digunakan adalah tes gambar.
Tes gambar akan selalu ditemui dalam ujian tes psikologi (yang mencakup tes intelegensi dan tes kepribadian), Tes Potensi Akademik (TPA) atau Tes Bakat Skolastik (TBS) dan tes CPNS.
Secara garis besar, jenis tes gambar yang sering diujikan dapat dikelompokkan kedalam dua kelompok besar, yaitu :
1.  Tes gambar untuk keperluan menggali intelegensi dan kemampuan akademik seseorang.
2. Tes gambar untuk menggali kepribadian seseorang.

Tes gambar dalam rangka menggali kepribadian seseorang dibagi dalam dua kelompok, yaitu : 
1. Tes melanjutkan gambar atau symbol, biasa disebut juga dengan nama Wartegg test.
2. Tes menggambar objek tertentu, gambar yang biasa digambar adalah Gambar orang (Draw a Person), gambar pohon (Baum Test) dan gambar rumah.
Drawing a Person Test (DAP TEST) adalah tes psikologi berupa tes menggambar orang dengan berbagai aktivitasnya. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja seseorang.

Pada DAP TEST ini gambarlah orang dalam keadaan beraktifitas, jangan dalam posisi diam, gambar orang harus secara utuh dari ujung kepala sampai ujung kaki, termasuk detail muka, hidung, mata, telinga dan mulut. Hal yang harus diperhatikan dalam menggambar orang adalah deskripsi orang yang digambar haruslah jelas seperti jenis kelamin, usia (anak-anak atau pria dewasa) dan profesi atau kegiatan yang dilakukan (seperti petani sedang mencangkul, pelajar atau eksekutif yang sedang bekerja didepan laptopnya). Gambarlah objek yang mudah tetapi detail.
Berikut contoh-contoh gambar orang beserta aktivitasnya



Kriteria penilaiannya meliputi tampilan dalam bentuk secara utuh bagian tubuh seseorang meliputi rambut, kepala, alis, mata, hidung, wajah, leher, bahu, gigi, dagu, mulut, tangan, paha dan kaki.
Dari prinsip bentuk, penilalian dilakukan dengan memperhatikan : 
1. Gambar kabur (samar) : Dorongan yang kabur dan tidak jelas, kurang berani menampakkan diri, ragu-ragu, kurang bergairah dan merasa tidak cocok dengan lingkungan.
2. Gambar berupa sketsa : kecemasan, rasa takut dan tidak nyaman
3. Garis dasar berupa sketsa dan garis putus : mengindikasikan perasaan terisolasi dengan lingkungan.
Interpretasi Bentuk Gambar
4. Kepala, dari bentuk gambar kepala dapat digali daya penghayatan mengenai diri dan ego (interaksi subjek dengan orang lain atau lingkungan) seseorang.
5. Lengan, Tangan, Bahu, dan Dada, dari bagian-bagian tubuh ini dapat digali mengenai hal-hal ukuran, kekuatan, kemampuan meraih dan derajat agresi. Kesan yang muncul adalah subjek menarik diri dari lingkungan, berusaha meraih lingkungan atau subjek merasa aman, terancam atau lemah.
6. Tungkai, Paha dan Kaki, bagian-bagian tubuh ini menafsirkan mengenai kemandirian, arah, gerakan dan keseimbangan seseorang. Pada laki-laki, kaki menggambarkan maskulinitas. Kaki yang terlalu panjang menunjukkan keinginan kuat untuk mandiri.
7. Aktivitas, gambar pasif menunjukkan subjek kurang energik, dependen, merasa dirinya kecil.
8. Pakaian dan Aksesoris, Dasi (keterikatan atau hambatan), Kancing (perhatian dan rasa aman), Perhiasan (rasa kurang percaya diri), Anting-Anting besar (berusaha menarik perhatian), Saku didada (bergantung atau dependen) dan Ikat Pinggang (kedisiplinan, kekakuan dan tekanan).

Tips Menggambar Orang
1. Gambarlah sosok secara utuh, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki termasuk detail wajah (mata, alis, mulut, hidung, telinga, rambut, alis, dagu, dsb).
2. Gambarlah orang dalam keadaan beraktifitas.
3. Gambarlah secara detail, seperti terlihat jelas jenis kelaminnya, usia, profesi dan sedang beraktifitas.
4. Gambarlah sesuai jenis kelamin anda.
5. Jangan mengulang garis gambar, cukup sekali garis pensil
6. Berlatihlah menggambar orang dengan sebagus mungkin dan proposional, semakin lengkap dan detail, nilainya akan semakin tinggi.
7. Cobalah berlatih membuat gambar orang dalam waktu 10 menit.

Sekian   J

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)

Post a Comment