Game Edukasi adalah permainan yang dapat mengasah potensi seseorang, ada beberapa jenis
permainan yang dapat mengasah potensi seseorang, diantarnya :
1. Permainan pengasah potensi Tanggung jawab
2. Permainan pengasah potensi Kepemimpinan
3. Permainan pengasah potensi Ketegasan
4. Permainan pengasah potensi Kecerdasan (Strategi)
5. Permainan pengasah potensi Kemandirian dan percaya diri
4. Permainan
pengasah potensi kecerdasan
Ada beberapa
contoh permainan yang dapat mengasah potensi kecerdasan, diantaranya adalah :
1. Menara Batu, cara bermain permainan menara batu adalah
dengan mengumpulkan batu dilingkungan peserta, kemudian menyusunnya menjadi
sebuah menara, peserta yang mampu membuat menara yang paling cepatlah yang
menajdi pemenang. Permainan ini ringan tetapi membutuhkan strategi. Makna dari permainan ini adalah :
Didalam kehidupan, kita sering kali dituntut untuk berfikir. Ketika kita
sekolah, kita sedang belajar mengenai ilmu. Ilmu-ilmu dan kreativitas inilah
yang akan memberi jalan kepada kita untuk berfikir dan mengambil tindakan. Ketegasan
akan menjadi kecerobohan ketika tidak diimbangi dengan kecerdasan berfikir. Seorang
pemimpin yang tegas akan bertindak sembrono ketiak ia tidak cerdas dalam
mengambil keputusan. Jadi, kesimpulannya ketegasan saja tidak cukup, manun
dibutuhkan kecerdasan dalam mengambil tindakan.
2. Darat,
Laut dan udara, permainan
ini berfungsi untuk mengasah potensi kecerdasan otak kanan. Cara bermainnya
adalah peserta mengililingi fasilitator, lalu ketika fasilitator mengatakan “darat”
kemudian menunjuk kepada salah satu peserta, maka peserta harus dengan cepat
menjawab hewan apa yang ada didarat, begitu juga dengan laut dan udara. Peserta
yang tidak dapat menjawab akan didiskualifikasi dan peserta yang paling
bertahan lama lah yang akan menjadi pemenang. Makna dari pemainan ini adalah : Konsentrasi dalam permainan ini
cukup tinggi, begitu juga dengan kehidupan kita, ada kalanya kita harus cepat
bertindak dengan tegas dengan tidak mengabaikan kecerdasan kita dalam berfikir.
Adakalanya kita harus berfikir cepat untuk memutuskan apa yang akan kita
lakukan. Hal ini sering kali terjadi dalam kehidupan kita, jika kita tidak
cepat mengambil tindakan dan terlalu bingung mengambil keputusan, maka kita
akan menjadi orang yang kalah.
3. Manusia
masuk kertas A4, permainan
ini sederhana tetapi cukup membuat peserta berfikir, karena sebuah kertas harus
mampu dimasuki oleh peserta tersebut dan yang lebih penting lagi kertas
tersebut tidak boleh sedikitpun yang terbuang atau terpisah. Cara bermain
permainan ini adalah pertama fasilitator memberi tahu kepada para peserta
aturan permainan, selanjutnya peserta dipersilahkan berkreasi dan memikirkan
bagaimana caranya seorang manusia dapat masuk kedalam kertas, peserta diberi
waktu dan yang paling cepatlah yang menjadi pemenang. Makna dari permainan ini adalah : Sering kali kita berkata kepada
diri kita bahwa kita tidak mungkin mengerjakan sesuatu karena itu diluar ilmu yang
kita punya. Padahal, jika kreativitas kita bermain, maka tidak ada yang tidak
mungkin dalam kehidupan ini, yang ada adalah orang yang tidak mau berusaha dan orang yang berusaha. Hasil pastinya sudah
bisa kita tebak, bahwa orang yang senantiasa memecahkan masalah yang akan
menjadi pemenang. Kecerdasan bukan hanya dibutuhkan dalam menyelesaikan
tugas-tugas sekolah atau kuliah saja tetapi juga dalam kehidupan.
4. Jembatan
kertas, jembatan kertas
hanyalah istilah saja, permainan ini dimulai dengan memberikan instruksi kepada
peserta bagaimana sebuah Handphone dapat
diletakkan diatas selembar kertas yang dibawahnya terdapat dua buah tumpukan
buku yang seimbang dan diletakkan terpisah, lalu peserta diberikan waktu untuk
berfikir dan peserta yang paling cepatlah yang menjadi pemenang. Makna dari permainan ini adalah : Kecerdasan
seseorang akan membedakan dirinya dengan orang yang tidak pernah berusaha. Kreativitas
dalam menyelesaikan masalah adalah sesuatu yang penting dibandingkan hanya
menyalahkan masalah itu sendiri. Jika kita hanya berfikir sepintas, bagaimana
mungkin selembar kertas dapat menopang sebuah handphone yang lebih berat ? orang yang tidak mempunyai semangat
untuk mengembangkan kecerdasannya, ia akan langsung menyerah. Tetapi yang terus
berusaha ia akan menemukan cara bagaimana menyelesaikan masalah tersebut.
5. Menyampaikan pesan, cara bermain permainan ini adalah pertama
fasilitator memberikan arahan bermain, setelah itu fasilitator membagi peserta
kedalam tiga kelompok. Kelompok pertama sebagai pemberi informasi, kelompok
kedua sebagai pengganggu dan kelompok ketiga sebagai penerima informasi. Kelompok
penggangu berada diantara pengirim pesan dan penerima pesan. Kelompok pertama
mengirimkan informasi kepada kelompok kedua berupa kata-kata atau kalimat
dengan cara meneriakkannya secara bersamaan. Selanjutnya penerima informasi
merespon informasi yang ditangkapnya sementara tim pengganggu melancarkan
aksinya agar informsai itu kacau. Makna dari
permainan ini adalah : Kecerdasan berkomunikasi merupakan hal yang penting
karena sering kali sesuatu yang baik berakhir tidak baik karena informasi yang
salah. Oleh karena itu, pahami komunikasi bukan sekedar asal menyampaikan,
tetapi bagaimana caranya agar informasi tersebut tidak salah tangkap oleh
penerima informasi.
Sekian
J
Sekian
J
No comments:
Post a Comment
Thank's for your comments...:)