Sunday, March 24, 2013

Game Edukasi

Game Edukasi adalah permainan yang dapat mengasah potensi seseorang, ada beberapa jenis permainan yang dapat mengasah potensi seseorang, diantarnya :
4. Permainan pengasah potensi kecerdasan

Ada beberapa contoh permainan yang dapat mengasah potensi kecerdasan, diantaranya adalah :
1.  Menara Batu, cara bermain permainan menara batu adalah dengan mengumpulkan batu dilingkungan peserta, kemudian menyusunnya menjadi sebuah menara, peserta yang mampu membuat menara yang paling cepatlah yang menajdi pemenang. Permainan ini ringan tetapi membutuhkan strategi. Makna dari permainan ini adalah : Didalam kehidupan, kita sering kali dituntut untuk berfikir. Ketika kita sekolah, kita sedang belajar mengenai ilmu. Ilmu-ilmu dan kreativitas inilah yang akan memberi jalan kepada kita untuk berfikir dan mengambil tindakan. Ketegasan akan menjadi kecerobohan ketika tidak diimbangi dengan kecerdasan berfikir. Seorang pemimpin yang tegas akan bertindak sembrono ketiak ia tidak cerdas dalam mengambil keputusan. Jadi, kesimpulannya ketegasan saja tidak cukup, manun dibutuhkan kecerdasan dalam mengambil tindakan.
2.   Darat, Laut dan udara, permainan ini berfungsi untuk mengasah potensi kecerdasan otak kanan. Cara bermainnya adalah peserta mengililingi fasilitator, lalu ketika fasilitator mengatakan “darat” kemudian menunjuk kepada salah satu peserta, maka peserta harus dengan cepat menjawab hewan apa yang ada didarat, begitu juga dengan laut dan udara. Peserta yang tidak dapat menjawab akan didiskualifikasi dan peserta yang paling bertahan lama lah yang akan menjadi pemenang. Makna dari pemainan ini adalah : Konsentrasi dalam permainan ini cukup tinggi, begitu juga dengan kehidupan kita, ada kalanya kita harus cepat bertindak dengan tegas dengan tidak mengabaikan kecerdasan kita dalam berfikir. Adakalanya kita harus berfikir cepat untuk memutuskan apa yang akan kita lakukan. Hal ini sering kali terjadi dalam kehidupan kita, jika kita tidak cepat mengambil tindakan dan terlalu bingung mengambil keputusan, maka kita akan menjadi orang yang kalah.
3.   Manusia masuk kertas A4, permainan ini sederhana tetapi cukup membuat peserta berfikir, karena sebuah kertas harus mampu dimasuki oleh peserta tersebut dan yang lebih penting lagi kertas tersebut tidak boleh sedikitpun yang terbuang atau terpisah. Cara bermain permainan ini adalah pertama fasilitator memberi tahu kepada para peserta aturan permainan, selanjutnya peserta dipersilahkan berkreasi dan memikirkan bagaimana caranya seorang manusia dapat masuk kedalam kertas, peserta diberi waktu dan yang paling cepatlah yang menjadi pemenang. Makna dari permainan ini adalah : Sering kali kita berkata kepada diri kita bahwa kita tidak mungkin mengerjakan sesuatu karena itu diluar ilmu yang kita punya. Padahal, jika kreativitas kita bermain, maka tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan ini, yang ada adalah orang yang tidak mau berusaha  dan orang yang berusaha. Hasil pastinya sudah bisa kita tebak, bahwa orang yang senantiasa memecahkan masalah yang akan menjadi pemenang. Kecerdasan bukan hanya dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau kuliah saja tetapi juga dalam kehidupan.
4.   Jembatan kertas, jembatan kertas hanyalah istilah saja, permainan ini dimulai dengan memberikan instruksi kepada peserta bagaimana sebuah Handphone dapat diletakkan diatas selembar kertas yang dibawahnya terdapat dua buah tumpukan buku yang seimbang dan diletakkan terpisah, lalu peserta diberikan waktu untuk berfikir dan peserta yang paling cepatlah yang menjadi pemenang. Makna dari permainan ini adalah : Kecerdasan seseorang akan membedakan dirinya dengan orang yang tidak pernah berusaha. Kreativitas dalam menyelesaikan masalah adalah sesuatu yang penting dibandingkan hanya menyalahkan masalah itu sendiri. Jika kita hanya berfikir sepintas, bagaimana mungkin selembar kertas dapat menopang sebuah handphone yang lebih berat ? orang yang tidak mempunyai semangat untuk mengembangkan kecerdasannya, ia akan langsung menyerah. Tetapi yang terus berusaha ia akan menemukan cara bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. 
5. Menyampaikan pesan, cara bermain permainan ini adalah pertama fasilitator memberikan arahan bermain, setelah itu fasilitator membagi peserta kedalam tiga kelompok. Kelompok pertama sebagai pemberi informasi, kelompok kedua sebagai pengganggu dan kelompok ketiga sebagai penerima informasi. Kelompok penggangu berada diantara pengirim pesan dan penerima pesan. Kelompok pertama mengirimkan informasi kepada kelompok kedua berupa kata-kata atau kalimat dengan cara meneriakkannya secara bersamaan. Selanjutnya penerima informasi merespon informasi yang ditangkapnya sementara tim pengganggu melancarkan aksinya agar informsai itu kacau. Makna dari permainan ini adalah : Kecerdasan berkomunikasi merupakan hal yang penting karena sering kali sesuatu yang baik berakhir tidak baik karena informasi yang salah. Oleh karena itu, pahami komunikasi bukan sekedar asal menyampaikan, tetapi bagaimana caranya agar informasi tersebut tidak salah tangkap oleh penerima informasi.

   Sekian 
   
  J

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)