Saturday, October 12, 2013

ILmu Tajwid

Ilmu tajwid adalah pelajaran atau materi untuk memperbaiki bacaan Al-Qur'an. Didalam ilmu tajwid diajarkan bagaimana cara melafazhkan huruf yang berdiri sendiri, huruf yang dirangkaikan dengan huruf yang lain, melatih lidah mengeluarkan huruf dari makhrajnya, belajar mengucapkan bunyi yang panjang dan yang pendek, cara menghilangkan bunyi huruf dengan menggabungkan kepada huruf yang sesudahnya (Idgham), berat dan ringan, berdesis atau tidak, mempelajari tanda-tanda waqaf (berhenti) dalam bacaan dan sebagainya.

Manfaat Ilmu tajwid adalah untuk memelihara bacaan Al-Qur'an dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan dari kesalahan membacanya. 

Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah Fardhu Kifayah, sedangkan membaca Al-Qur'an dengan baik sesuai dengan ilmu tajwid adalah Fardhu 'Ain.

Hukum Nun Sukun dan Tanwin

Hukum nun sukun dan tanwin dibagi menjadi 5, yaitu :
1. Izh-har artinya Terang, yakni mengeluarkan huruf dari makhrojnya tanpa dengung.


2. Idgom Bighunnah artinya memasukkan disertai dengung, yakni membaca dua huruf jadi satu seperti yang kedua dengan tasydid.

3. Idgom Bilaghunnah artinya memasukkan tanpa dengung, yakni membaca dua huruf jadi satu seperti yang kedua dengan tasydid.

4. Iqlab artinya mengubah, yakni membaca nun sukun atau tanwin seperti membaca Mim sukun.

5. Ikhfa' artinya menyamarkan, yakni membaca huruf antara Izh-har dan Idghom tanpa tasydid dengan ghunnah pada huruf awal.

Next Izh-har..

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)