Friday, March 7, 2014

Sabar..

Halaqoh hari ini tausiahnya tentang sabar

Sabar berarti menahan (Al-Habsu) dan mencegah (Al-Man’u), dan lawan kata sabar
Sabar
adalah keluh kesah (Al-Jaz’u). sabar menurut bahasa adalah menahan atau mengekang, seperti yang disebutkan pada surat Al-Kahfi ayat 28 yang artinya “Dan bersabarlah engkau (Muhammad) bersama orang yang menyeru tuhan-Nya pada pagi dan senja hari dengan mengharap keridhoan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti keinginannya dan keadaannya sudah melewati batas.

Konsep Sabar
Ketika kita melihat saudara kita sedang mendapat kesusahan sebaiknya kita menghiburnya, sehingga dia dapat bersabar dan merasa gembira. Dan siapa saja yang ketika mendapatkan musibah lalu mengucapkan Inna Lillahi Wainna Ilaihirajiun, ini menandakan bahwa ia adalah orang yang sabar, karena sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar (Innallaha Ma’as Shobirin).
Allah menguji kita agar kita senantiasa bersabar dari setiap ujian yang datang, dan datangnya pun tidak kita kehendaki baik itu dari orang-orang terdekat, sahabat, kematian, bencana alam dsb..

Balasan terhadap orang-orang yang sabar :
*        Surga
Dan Dia Memberi balasan kepada mereka karena kesabarannya (berupa) surga dan (pakaian) sutera (QS. Al-Insan : 12)
*        Keselamatan
(sambil mengucapkan) “Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu.” Maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu. (QS. Ar-Ra’d : 24)
*        Dihancurkan musuhnya dan diberikan kebaikan
Dan kami wariskan kepada kaum yang tertindas itu, bumi bagian timur dan bagian baratnya yang telah kami berkahi. Dan telah sempurnalah firman Tuhanmu yang baik itu (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir’aun dan kaumnya dan apa yang telah mereka bangun. (QS. Al-A’raf) : 137)
*        Diberikan balasan dua kali
Mereka itu diberi pahala dua kali (karena beriman kepada taurat dan Al-Qur’an) disebabkan kesabaran mereka dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan  dan menginfakkan sebagian dari rezeki yang telah kami berikan kepada mereka. (QS. Al-Qashash : 54)
*        Allah akan selalu menjaganya.
Dan bersabarlah (Muhammad) menunggu ketetapan Tuhan-Mu karena sesungguhnya engkau berada dalam pengawasan kami dan bertasbishlah dengan memuji Tuhan-Mu ketika engkau bangun.

Tindakan yang biasa dilakukan ketika mendapatkan kejahatan :
*        Tidak membalas kejahatan
Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan (balasan) yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang yang sabar. (QS. An-Nahl : 126)
*        Membalas kejahatan dengan kebaikan.
Dan tidaklah sama kebaikan itu dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan) itu dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia. Dan (sifat-sifat yang baik itu) tidak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar. (QS. Fushshilat : 34-35).
*        Tidak bersedih hati terhadap orang yang jahat dengan kita dan tidak bersempit dada menghadapi tipu daya mereka (Bersabarlah)
Dan bersabarlah (Muhammad) dan kesabaranmu itu semata-mata dengan pertolongan Allah dan janganlah engkau bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan jangan (pula) bersempit dada terhadap tipu daya yang mereka rencanakan. (QS. An-Nahl : 127).
*        Tidak gelisah terhadap orang yang membenci kita.
Maka bersabarlah engkau (Muhammad), sungguh, janji Allah itu benar dan sekali-kali jangan sampai orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan engkau. (QS. Ar-Rum : 60).
*        Tabah menghadapi segala ujian
Wahai anakku ! laksanakanlah shalat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting. (QS. Luqman : 17).
*        Tidak lemah karena bencana, tidak lesu dan tidak mudah menyerah.
Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar. (QS. Ali ‘Imran : 146).
Be Patient

Sekian…
Bersabarlah, karena Allah selalu bersama orang-orang yang bersabar..
J

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)