Sunday, June 17, 2012

Buah Sawo dan Manfaatnya..

Buah sawo adalah buah yang memiliki kulit berwarna coklat tua dan daging buah berwarna coklat muda serta berbiji hitam pekat. Sawo berasal dari Amerika dan Meksiko dan dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Sapodilla yang bahasa Latinnya Achras Sapota L. sawo banyak dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan oleh masyarakat, termasuk saya J dihalaman rumah saya juga terdapat 1 (satu) batang pohon sawo yang sangat lebat daun dan buahnya. Buah sawo biasanya selalu berbuah setiap waktu, tidak seperti tanaman lainnya seperti Rambutan, Durian dan lainnya yang berbuah 1 kali dalam satu tahun (ada musimnya).

Buah ini memiliki aroma yang sangat harum dan rasa yang sangat manis, karena didalam daging buah sawo terdapat 16 – 20 persen kandungan gula. Selain itu pada daging buah sawo juga terdapat Vitamin A, B, C, Mineral Besi, Kalium serta Fosfor. Buah ini biasa dinikmati sebagai campuran es krim atau dapat langsung dinikmati dalam keadaan fresh.

Sawo yang siap dikonsumsi adalah sawo yang matang yang memiliki kulit mulus tanpa cacat sedikitpun, sawo yang mentah tidak enak dikonsumsi karena keras dan pahit rasanya. Untuk bentuk buah, besar atau kecil tidak jadi masalah asalkan memiliki kulit mulus, karena jika cacat dagingnya maka buah akan menjadi keras.
Agar buah sawo cepat matang perlu di peram, karena kalau harus menunggu masak di batang, biasanya keduluanan sama kalong atau hewan malam lainnya, hehe..
Cara pemeraman buah sawo adalah dengan memasukkan buah tersebut kedalam sangkek asoy (bahasa Jambi) :D kalau didaerah jawa sepertinya lebih dikenal dengan sebutan kantong kresek ya J lalu diikat rapat, setelah itu letakkan didalam tempat tertutup (kedap udara) nah tunggu deh 1 atau 2 hari, InsyaAllah sudah mateng J

Manfaat buah Sawo
Karena rasanya yang sangat manis maka dapat meningkatkan energy.

Termasuk sumber serat jadi dapat mengatasi sembelit / diare, selain itu seratnya dapat melindungi lendir usus besar dari racun dan penyebab kanker.
Obat Diare, caranya : Ambil 1 buah Sawo muda, cuci sampai bersih, parut, peras dan disaring, bila perlu tambahkan sedikit air matang, Minum 2 kali sehari, atau bisa juga menggunakan daun sawo yaitu dengan cara : sediakan 1 mangkok daun sawo, dicincang lalu direbus bersama 2 gelas air bersih selama 15 menit, nah air rebusan tersebut diminum 3 kali sehari.

Efek anti inflamasi nya dapat mengatasi gangguan usus dan gastritis.

Kandungan Mineralnya dapat meningkatkan system kekebalan.

Menyembuhkan radang mulut, caranya ambil 1 mangkok daun sawo, cincang lalu rebus bersama 2 gelas air selama 10 menit, air rebusan digunakan untuk berkumur.

Mengobati Disentri, caranya ambil 8 buah sawo muda, cuci bersih lalu dilumatkan / diblender bersama garam secukupnya, Minum 2 kali sehari hingga sembuh, setelah meminum itu sebaiknya minum air hangat.

Sekian, Semoga bermanfaat J


1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Thank's for your comments...:)