Friday, June 15, 2012

Manfaat Daun Pepaya (Kates)

Daun papaya adalah daun yang berbentuk bintang dengan gerigi pada sisinya. Daun papaya ini memiliki rasa yang sangat pahit tetapi sangat pas untuk disantap saat makan J
Daun papaya ini memiliki berbagai manfaat, yaitu :
Sebagai obat Jerawat, bagi yang telah menggunakan obat jerawat tetapi masih belum teratasi silahkan menggunakan daun papaya sebagai obat herbal (alamai) yang tentunya lebih aman. Cara membuat masker daun papaya ini adalah : ambil 2-3 lembar daun papaya yang sudah tua lalu jemur dan tumbuk hingga halus, tambahkan setengah sendok teh air, setelah itu baru deh siap digunakan.

Memperlancar Pencernaan
Daun papaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain yang dapat membunuh mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan.

Penambah nafsu makan, walaupun daun papaya sangat pahit ternyata dapat meningkatkan nafsu makan. Untuk penambah nafsu makan daun papaya dicampur dengan sedikit garam dan setengah cangkir air hangat lalu ketiganya di blender sampai halus, disaring, nah airnya itu yang dapat menambah nafsu makan.

Obat demam berdarah
Cara membuat : Ambil 5 lembar daun papaya, tambahkan setengah liter air, lalu rebus hingga air tersisa ¾ (tiga perempatnya) ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama, selanjutnya segera bawa ke Dokter.

Mengatasi nyeri haid, caranya ambil 1 lembar daun papaya, asam jawa dan air, lalu rebus ketiga bahan tersebut, setelah dingin bisa langsung dinikmati.

Mengatasi sakit keputihan, caranya ambil 1 lembar daun papaya, 1 potong akar alang-alang dan adas polosari secukupnya. Daun papaya di cincang halus lalu direbus bersama bahan lainnya dengan 1,5 liter air sampai mendidih lalu disaring. 1 kali sehari 1 gelas, lakukan secara rutin.

Mencegah demam nifas, caranya iris-iris 1 lembar daun papaya lalu rebus bersama 1 gelas air dan gula aren hingga air tersisa setengah, minum sekaligus segera setelah melahirkan selama 2 hari.

Anti Kanker, pada daun dan batang papaya terdapat kandungan Milky Latex (getah putih) seperti susu yang dapat digunakan sebagai obat.

Memperlancar ASI
Caranya : ambil 3 lembar daun pepaya muda, remas-remas lalu letakkan diatas api, selagi hangat letakkan disekeliling payudara tetapi pada bagian putting jangan.

Nutrisi susu
Caranya : Rebus daun papaya dengan 1 ½  gelas air lalu saring untuk diambil airnya, lalu diminumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari.

Obat flu, Lumatkan 3 lembar daun papaya, peras lalu beri garam. Minum 2 kali sehari untuk anak-anak dan dewasa 4 kali sehari.

Pelumat daging, yaitu dengan cara memasukkan daun papaya saat merebus daging.

Pengontrol tekanan darah
Caranya ambil 5 lembar daun papaya, rebus dengan ½ liter air sampai tersisa ¾ nya. Dinginkan sebelum diminum, jika lebih suka manis tambahkan sedikit gula aren.

Sekian, Semoga Bermanfaat :)

Next to
Manfaat Buah Pepaya II

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)