Saturday, April 20, 2013

Sakit Kepala

Gambar Sakit Kepala
Tiga hari yang lalu saya merasa agak sedikit tidak sehat, ada rasa sakit dibagian kepala, bisa dibilang sangat jarang saya merasakan sakit ini. Tiba-tiba ingin tahu tentang penyebab sakit kepala, jadi deh saya browsing dan mendapatkan penyebab sakit kepala diantaranya :
  Y  Terkena sinar matahari yang terlalu lama, emang sih hari sebelumnya saya pergi ke undangan dan   cuacanya wow bangettt, hehe..
   Y  Bisa juga karena stress atau terlalu banyak fikiran.
   Y  Mengkonsumsi minuman berkafein atau ber lemak tinggi.
   Y  Darah rendah atau darah tinggi
   Y  Terlalu lama didepan computer.
   Y  Kurang tidur atau terlalu banyak tidur.
   Y  Suara bising atau bau yang tajam
   Y  Animea
   Y  Alergi
   Y  Kurang makan
   Y  Aksesoris kepala (jepit, pita, topi, bando, dalaman jilbab yg terlalu sempit)
   Y  Kecapean
   Y  Aktifitas berlebihan

Rasa sakit kepala seperti ini dapat diatasi dengan meminum obat sakit kepala yang ada di apotik, namun jika tidak sembuh juga sebaiknya konsultasi ke dokter, agar mendapat pengobatan yang lebih baik.
Menggunakan obat yang alami juga bisa menjadi pilihan yaitu :

Campuran Jahe dan Teh, Jahe melawan migraine dengan menghambat sintetis prostaglandin. Jahe juga membantu mengatasi rasa mual yang sering menyertai migraine.

Menggosokkan minyak thyme / minyak Rosemary di kepala, Gosokkan dengan lembut pada bagian kepala kemudian diamkan beberapa menit. Minyak thyme dan rosemary mengandung carvacrol yaitu suatu zat yang bertindak sebagai inhibitor COX-II, sejenis obat anti peradangan seperti ibuprofen.

Teh Chamomile, Beristirahatlah sejenak disela-sela kesibukan untuk meringankan ketegangan yang menyebabkan sakit kepala, teh chamomile memiliki senyawa yang dapat membantu anda rileks. Seduh 1 kantong teh chamomile bersama secangkir air matang, tutup selama 10 menit, tambahkan madu sebagai pemanis dan minum secara perlahan ditempat yang tenang.

Selain meminumobat ada cara lain untuk mengatasi sakit kepala yaitu dengan akupuntur, yoga atau meditasi, namun sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui penyebab dari sakit kepala tersebut, karena dengan adanya rasa sakit tersebutlah tubuh memberi tahukan bahwa ada yang menggangu kesehatan kita, karena itu kita harus merespon sesegera mungkin agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Migraine adalah salah satu jenis sakit kepala, sakit yang dirasakan disebelah saja, durasinya bervariasi ada yang satu jam, dua jam bahkan ada yang berhari-hari. Sakit kepala jenis ini dapat disembuhkan dengan meminum obat yang ada di apotik dan menenangkan fikiran serta berjalan-jalan menikmati pemandangan hijau agar syaraf disekitar kembali rileks.

Selain cara diatas, ada cara lain yang mungkin lebih mudah untuk dilakukan :
Mendinginkan Kepala
Jika anda mengalami sakit kepala seperti migran caranya bungkus beberapa es batu di handuk kering, lalu letakkan diatas dahi anda selama 15 menit, setelah itu lepaskan selama 15 menit. Lakukan berulang kali hingga rasa sakit mereda.

Menghangatkan Diri
Sakit kepala dapat juga dihentikan dengan rasa hangat, terutama yang disebabkan ketegangan otot di bagian leher dan bagian belakang kepala. Ambil sekantong air hangat lalu letakkan di leher dan bagian belakang kepala. Cara lainnya Anda bisa mandi dengan pancuran air hangat dengan membiarkan air mengalir dibagian belakang leher.

Pijat Kepala
Rasa sakit kepala bisa hilang bila dibantu dengan sebuah pijatan lembut. Gunakan ujung jari Anda untuk menggosok bagian belakang leher, pelipis, kulit kepala dan bahu. Untuk hasil maksimal, Anda bisa meminta bantuan seseorang untuk memijat Anda.

Tidur
Terkadang tidur dapat membantu mengatasi sakit kepala terutama migrain. Anda tinggal cari tempat yang dianggap tenang untuk berbaring dan matikan lampu. Manfaatkan tidur Anda dengan perasaan tenang.

Teknik Relaksasi
Penyebab sakit kepala yang berkepanjangan disebabkan oleh stres dan cemas. Dengan menggunakan teknik relaksasi dapat membantu menghilangkan sakit kepala Anda. Caranya adalah sebagai berikut:
- Berbaringlah terlentang di ruang yang gelap dan tenang. Tegangkan otot-otot di kaki, setelah itu biarkan riles. Lakukan hal yang sama untuk kaki bagian bawah dan paha. Pindahkan semua cara itu ke tubuh Anda, tegangkan dan rilekskan.
- Anda duduk atau berbaring dalam posisi nyaman, setelah itu tutup mata dan bayangkan diri Anda sedang berada di lingkungan yang menenangkan, seperti padang rumput yang hangat atau pantai yang sepi. Bayangkan angin menerpa kulit Anda dan baunya di sekitar Anda. Meskipun Anda berimajinasi, tarik nafas dalam-dalam dan rasakan udara yang keluar masuk tubuh Anda.

Sekian, semoga bermanfaat
Salam Ukhuwah
J

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)

Post a Comment