Thursday, May 10, 2012

Akar Kelapa Sawit

B. Akar
1. Sebagaimana halnya kelas Monocotyledone, maka kelapa sawit mempunyai sistem perakaran serabut. Bentuknya seperti anyaman tebal. Akar primer, keluar dari dasar batang (bonggol), dalam jumlah sangat menerus selama pertumbuhan.

2. Akar yang pertama muncul dari biji setelah berkecambah adalah radikula. Panjangnya dapat mencapai 15 cm dan mampu bertahan sampai sekitar 6 bulan. Dari radikula akan muncul akar lain yang bertugas mengambil air dan hara dari media tumbuh. Namun demikian, masih perlu dibantu oleh cadangan makanan yang ada pada endosperm. Fungsi akar selanjutnya akan diambil oleh akar primer yang keluar dari bonggol, beberapa bulan kemudian. Akar baru ini bertugas mengambil air dan hara dari media tumbuh berhubung cadangan makanan pada endosperm telah habis, yang ditandai dengan terlepasnya biji.

3. Dari akar primer tumbuh akar sekunder, yang tumbuh horizontal, berdiameter 1 – 2 mm dan panjang 10 – 15 cm. Lebih dari separohnya akar sekunder tumbuh terus keatas mendekati permukaan tanah.

4. Dari akar sekunder tumbuh akar-akar tersier dan kuartier yang tumbuhnya dekat permukaan tanah. Akar tersier berdiameter 1-2 mm dan panjangnya 10 – 15 cm. Adapun akar kuartier berdiameter 0,3 mm dan panjangnya 2 cm. Akar tersier dan kuartier inilah yang paling aktif mengambil air dan hara.

5. Dilapangan akar-akar tersebut berada dalam jarak 2 – 2,5 meter dari pangkal batang atau 0,5 meter diluar piringan (circle) tanaman. Disini tanahnya lebih remah lebih lembab dan merupakan daerah sebaran pupuk. Akar-akar tersebut banyak dijumpai  pada kedalaman 0 -20 cm dari permukaan tanah. Hal ini tergantung dari type tanah dan jenis tanamanya. Akar kelapa sawit dapat tumbuh menyamping sampai 6 meter dengan pola penyebaran yang berbeda-beda.

6. Akar primer yang keluar dari bonggol batang, mencapai puluhan ribu banyaknya dan jika ada akar primer yang mati, akan digantikan oleh lainnya. Akar yang mati ini jalin menjalin dengan akar yang hidup dan bersama-sama membentuk perakaran  yang kokoh menunjang berdirinya  batang tanaman. Untuk menembus lapisan tanah, akar primer dilindungi oleh tudung akar. Disamping akar sebagai pencari makanan, akar juga berfungsi sebagai alat respirasi (pernapasan).

:)

No comments:

Post a Comment

Thank's for your comments...:)