Tuesday, June 26, 2012

Manfaat buah nangka..

Buah nangka dalam bahasa inggris dikenal dengan nama jack Fruit. Buah ini memiliki kulit seperti duri tetapi tidak tajam dan daging buah yang tebal dengan rasa yang manis and aroma yang sangat harum apabila telah matang J. Biji buah nangka ini dikenal dengan nama “Beton”. Biji tersebut dapat dimakan tetapi harus direbus terlebih dahulu, rasanya hmm Yummii… J
Hampir semua orang menyukai buah nangka serta bijinya yg telah direbus ini. Didalam buah nangka ada serat-serat yang melindungi daging buahnya, serat ini jarang dikonsumsi.

Buah nangka ini juga memiliki “kembar” maksudnya yang mirip dengan buah nangka, hehe… yaitu buah Cempedak, buah cempedak ini memiliki tekstur kulit buah yang mirip dengan buah nangka, hanya saja buah cempedak berbentuk lonjong alias panjang kebawah. Buah ini juga memiliki rasa yang manis, tetapi masayarakat Indonesia lebih menyenangi makan buah cempedak dengan menggorengnya terlebih dahulu, karena rasanya akan lebih maknyoss, hehe…

Buah nangka dapat diolah menjadi dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka goreng tepung, keripik nangka, atau juga bisa digunakan sebagai pengharum es krim, minuman dan dijadikan sebagai madu nangka.
Buah nangka yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai campuran gulai atau yang disebut dengan gulai nangka, juga dapat dijadikan sebagai campuran sayur asem (lodeh), sayur megana, oseng-oseng megori, juga dapat dimasak sebagai gudeg, serta bongkol bunga jantan (babal atau tongtolang) dapat dimanfaatkan sebagai rujak dan ketupat gulai nangka.
Daun nangka dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang sangat disukai oleh Kambing, Domba, dan Sapi serta kulit batangnya yang berserat digunakan sebagai bahan tali bahkan sebagai bahan pakaian (zaman dahulu) dan getahnya digunakan sebagai campuran untuk memerangkap burung, menambal perahu dsb.
Batang kayu nangka kerap dijadikan perkakas rumah tangga, konstruksi bangunan, konstruksi kapal, hingga alat music. Ini karena kayu tersebut gampang sekali mengkilat ketika diserut juga berkualitas baik. Kayu ini cukup kuat, awet dan tahan terhadap serangan rayap atau jamur serta memiliki pola yang menarik.

Bagi kesehatan buah ini bermanfaat untuk :
v Memperkuat system kekebalan tubuh, karena sumber Vitamin C dan antioksidan, yang juga memiliki sifat anti kanker dan anti penuaan.

v Mengandung kalium yang berguna untuk mengurangi resiko jantung dan stroke serta mengontrol tekanan darah selain itu untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

v Mengandung Fitonutrien yang membentuk proteksi tubuh melawan timbulnya sel kanker.

v Mengandung Vitamin A yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan kulit, mencegah gangguan mata seperti degenerasi macula dan rabun senja.

v Mengandung gula alami seperti fruktosa dan sukrosa yang berguna untuk menambah energy dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

v Mengandung zat besi yang membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

v Akar nangka berkhasiat membantu mengontrol asma, dengan cara merebusnya.

v Mengandung magnesium yang baik untuk pertumbuhan serta mencegah tubuh dari gangguan osteoporosis.

v Kaya akan serat, so buah ini dapat membantu mencegah sembelit dan memperlancar pergerakan usus.

Nahhhh…. Banyak sekali kan manfaat buah nangka bagi kesehatan kita, namun jangan dikonsumsi secara berlebihan ya, ‘cause apapun yang dikonsumsi berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan. J
Sekian, semoga bermanfaat J

Lihat juga
Manfaat Sawo...
Manfaat Pepaya... 
Manfaat Asparagus... 

2 comments:

Thank's for your comments...:)